Pare-dise ch. 2: The Course

Di Kampung Inggris, atau dikenal juga dengan Kampung Bahasa, terdapat banyak sekali lokasi kursus yang bisa kita pilih. Tidak hanya bahasa Inggris, tetapi juga ada bahasa lain seperti bahasa Arab, Korea, Jepang, dan Mandarin. Jumlah lokasi kursus di Kampung Inggris antara lain lebih dari 100 tempat kursus bahasa Inggris, 6 tempat kursus bahasa Arab, serta 5 tempat kursus multi-bahasa (lebih dari 1 pilihan bahasa).

Apabila kita kesana tanpa persiapan sama sekali, hal ini bisa membuat kita bingung. Dari sekian banyak tempat kursus, kita harus bisa memilih tempat yang sesuai untuk kita agar tujuan kita untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris bisa tercapai secara efektif dan efisien, sehingga kita tidak membuang waktu secara sia-sia.

Masing-masing tempat memiliki program yang berbeda-beda dengan rentang waktu yang berbeda pula. Ada yang menawarkan program 2 mingguan, 1 bulan, hingga 6 bulan. Bagi kita yang punya banyak waktu, 4 bulan misalnya, dan tidak punya modal apapun dalam berbahasa Inggris alias nol, kita bisa coba ikut BEC (Basic English Course). BEC menawarkan program basic dengan rentang waktu minimal 3 bulan. Tapi jika kita hanya memiliki waktu yang terbatas dan sudah memiliki modal dalam bahasa Inggris meskipun hanya sedikit, kita bisa mencoba beberapa program dan tempat kursus di bawah. Berikut ini saya hanya akan memberikan 3 teratas berdasarkan rekomendasi orang-orang untuk tiap program, untuk penjelasan tiap program, silakan lihat post sebelumnya.

Grammar:

  • ELFAST. Lembaga kursus ini dikenal bagus untuk urusan grammar, sehingga banyak yang merekomendasikan tempat ini apabila kita ingin belajar grammar.
  • Kresna. Kresna merupakan salah satu tempat yang direkomendasikan untuk belajar grammar tingkat pemula hingga menengah.
  • Smart. Hampir sama seperti Kresna, lembaga ini juga cukup baik dalam pengajaran grammar.

Speaking:

  • Daffodils. Hampir semua orang yang saya temui merekomendasikan Daffodils untuk belajar speaking. Wajar, karena Daffodils adalah salah satu lembaga kursus yang mengkhususkan pada kemampuan speaking. Mulai dari speaking dasar, hingga kelas Public Speaking.
  • Marvelous. Tempat ini juga direkomendasikan teman-teman saya, dan dari segi kualitas hampir sama dengan Daffodils.
  • ELFAST. Meskipun program speaking disini termasuk baru, tapi ELFAST bisa masuk sebagai salah satu pertimbangan untuk belajar speaking karena kualitasnya.

Pronunciation:

  • Marvelous. Pemilik lembaga ini mengatakan bahwa dia pernah belajar dan bekerja selama 5 tahun di Amerika Serikat, sehingga untuk masalah pronunciation, lembaga ini dapat dipercaya.
  • Fabulous. Lembaga ini mengaku sebagai anglophile, yaitu penyuka hal-hal tentang Inggris. Banyak yang mengatakan tempat ini cukup bagus untuk belajar bahasa Inggris.
  • Eminence. Lembaga ini mempunyai murid yang cukup banyak dan pronunciation merupakan salah satu program unggulannya.

Vocabulary:

  • Webster dan Peace. Sebenarnya untuk program vocabulary, kedua tempat ini sama-sama bagus dan sama-sama dianjurkan oleh beberapa orang yang saya temui di sana.

TOEFL:

  • ELFAST. Lagi-lagi, ELFAST merupakan pilihan yang bagus apabila kita ingin belajar TOEFL. Lembaga ini menawarkan program TOEFL untuk 1 bulan penuh. Seminggu ada 5x pertemuan kelas dan 3x scoring TOEFL dengan tingkat kesulitan tiap scoring yang berbeda-beda. Program ini berdurasi 1 bulan.
  • Logico. Adiknya ELFAST karena dimiliki oleh orang yang sama. Logico menawarkan program TOEFL secara terpisah selama 2 minggu. Maksud dari terpisah adalah kita bisa memilih ikut program listening, structure, reading, atau hanya scoring saja selama 2 minggu. Meskipun demikian, program listening, structure, dan reading sudah termasuk scoring sehingga kita tidak perlu mendaftar program khusus scoring apabila sudah mendaftar di salah satu dari tiga program tersebut.

Oh iya, berikut ini peta kampung bahasa pare versi 2012 (ukuran besar, perhatikan benwit Anda:mrgreen: ). Kita bisa membelinya di beberapa tempat kursus, tapi jangan diperbanyak seenaknya sendiri ya…😀

About Reinhart

Don't wait. The time will never be just right.
This entry was posted in Live Journal, My Interest and tagged , , . Bookmark the permalink.

One Response to Pare-dise ch. 2: The Course

  1. iqbalbasagili says:

    wah, peta saya terpampang disono. semoga manfaat😛

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s