Permainan Status

Akhir-akhir ini beberapa teman saya di jejaring sosial (plurk, facebook, dll) sepertinya sedang hobi mengganti status, terutama relationship status. Ada yang memasang status single, complicated, in relationship, hingga engaged atau bahkan married (karena saya tahu bahwa umur mereka cukup jauh dari status yang mereka pasang).

Saya sempat bertanya-tanya, apa sih enaknya bermain-main dengan relationship status tersebut? Pamor? Gengsi? Kebanggaan? Ataukah hanya supaya tidak ingin dianggap tidak laku? Ketika saya tanyakan hal tersebut pada orang-orang yang suka mengganti statusnya, mereka hanya menjawab iseng. Beberapa yang lainnya menjawab bahwa mereka memasang status seperti itu supaya lebih beken, lebih ‘wah’, atau apapun istilah yang mereka gunakan.

Bagi saya pribadi, relationship status adalah sebuah status yang menggambarkan keadaan diri kita pada saat ini, yang berkaitan dengan hubungan dengan orang lain. Ketika seseorang sering berganti-ganti status -bahkan ada yang dalam sebulan ganti hingga 5 kali- saya menganggap bahwa orang tersebut tidak percaya diri. Dan ketika dia mengganti statusnya, padahal dia tidak dalam keadaan yang ditulis dalam status, maka dia sudah berbohong sebanyak orang-orang yang ada dalam friendlist-nya.

OK, itu tadi dari pandangan saya. Sekarang saya akan berusaha memaparkan satu-satu dari beberapa status yang populer digunakan:

1.) Single: Seperti yang sudah kita ketahui bersama, gelar kehormatan “single” biasa disandang oleh individu-individu bebas. Bebas di sini bisa berarti banyak hal, bebas dari hal berbau pacaran, bebas dalam menjalani hidup, dan masih banyak lagi. Orang-orang single terkadang merasa tersiksa dengan gelar yang disandangnya, meskipun tidak sedikit yang bangga karenanya.

2.) It’s complicated: Status ini pernah dibahas oleh Xaliber dalam salah satu note-nya di Facebook. Dalam note tersebut, dia menyatakan bahwa orang-orang yang menggunakan status “it’s complicated” mempunyai komplikasi dengan orang lain. Ini bukanlah tentang orang yang awalnya single dan menyukai seseorang (yang mana berarti cuma satu pihak), namun tidak bisa mengatakannya, namun lebih kepada hubungan timbal balik kedua belah pihak.

3.) In relationship: Bisa juga dibilang “sedang berhubungan dengan”. Maksud dari berhubungan di sini adalah adanya jalinan hubungan yang lebih erat daripada sekedar pertemanan.

4.) In an open relationship: Untuk status yang satu ini, saya kurang mengerti apa maksudnya. Apakah ini artinya dia sedang membuka diri untuk semua jenis relasi atau apa, saya kurang begitu paham.

5.) Engaged: Orang yang menggunakan status ini biasanya adalah orang-orang yang hendak melangsungkan pernikahan. Engaged sendiri bisa diartikan sebagai lamaran/dilamar/dipinang.

6.) Married: Sudah menikah. Rasanya tidak perlu dijelaskan lebih jauh, karena kita sudah mengerti apa maksudnya. Orang-orang yang menggunakan status ini biasanya orang yang sudah menikah dan memiliki rumah tangga sendiri.

About Reinhart

Don't wait. The time will never be just right.
This entry was posted in Lain-lain, My Thoughts and tagged , , , . Bookmark the permalink.

20 Responses to Permainan Status

  1. Gunawan Rudy says:

    Ah, efek e-Penis memang gila.😛

  2. Sukma says:

    Wah, bahkan ada juga yang ‘perang status’ seru tuh😛

  3. Asiana says:

    yeah saya juga ada teman di FB yg hobi ganti status tiap hari😆

  4. Ah, namanya juga anak muda😆

  5. Just Bryan says:

    Kalau statusku sih selama ini cuma pernah lajang n complicated..

  6. ya itu tho? Ga pede mereka

    oia, blog yg estrella tu urlnya apa ya? ga hapal

  7. Snowie says:

    Kalo kata temen saya, dia cuma maen-maen aja. Toh temen yang sebenernya tau keadaan dia yang sebenarnya.
    Tapi tergantung niat juga. Kalo untuk menipu, itu gak bener…

    BTW, don’t judje the person by his/her status:mrgreen:

  8. In a Open Relationship kalo di Facebook berbahasa Indonesia berarti hubungan jarak jauh, tapi aslinya entahlah

    Emang aneh, temen2 saya juga. Baru pacaran aja udah nulisnya Engaged ato Married with blablabla

    Dasar =))

  9. ^ Open Relationship itu bukannya Menjalin Hubungan Tanpa Status. Coba cek lagi deh.

    Biasanya status yang sering diperkosa (kalau dari yang saya lihat😛 ) itu yang It’s Complicated. Soale ya itu, “kerumitan” yang dialami cuma sentris kepada diri sendiri. Padahal sebenarnya yang dimaksud itu kan “hubungan yang rumit” bukan “perasaan yang rumit”.:mrgreen:

  10. @ Gunawan Rudy
    Benar sekali, masbro.

    @ Sukma
    Eh, serius ada perang status? Yang menang siapa?

    @ Asiana
    Wut, tiap hari?😯

    @ deteksi
    (dance)

    @ Generasi Patah Hati
    Masih dinamis sikapnya.
    Eh, tapi situ belum jadi bapak-bapak, kan?

  11. @ Just Bryan
    Hidup lajang!:mrgreen:

    @ NobodyKnowsMe
    linuxestrella.wordpress.com

    @ Snowie
    Temen saya juga bilangnya gitu. Pingin main-main aja daripada ndak ada kerjaan.😐

    @ Adriano Minami
    Hubungan jarak jauh kan seharusnya LDR.😕

    Teman saya ada juga yang masang status ‘Married’, sampai ada yang ngasih ucapan ala orang nikah segala.😆

    @ Xaliber von Reginhild
    Ya itulah resiko kalau nggak ada penjelasan tentang apa maksud dari status tadi. Orang bisa menyimpulkan hubungan yang rumit atau perasaan yang rumit.

    Biasanya status yang sering diperkosa (kalau dari yang saya lihat😛 )

    😯

  12. download says:

    gw single lho.. ada yg mau..
    situs gw aja lajangx.com

  13. safirsyifa says:

    wah, ndu kok tiba” ngomongin status.. yg enak ya kayak aku ini, single till married.. jd g usah repot” ganti” status..:mrgreen:

  14. Bisnis says:

    kalo ada yang nggak ngaku status sebanarnya itu ada udang di balik terasi tentunya he he

  15. azzaam says:

    saya gak doyan facebook, salam kenal aja🙂

  16. @ download
    Promosi diri detektet.

    @ safirsyifa
    Lagi pingin aja, mbaksis. Lagian kan jarang yang bawa-bawa status ke blog, kan?😛

    @ Bisnis
    Udang di balik terasi? Petis udang?

    @ azzam
    Yup yup, salam kenal juga….:mrgreen:

  17. itikkecil says:

    in open relationship itu bukannya maksudnya walaupun berhubungan dengan satu orang tapi bisa juga berhubungan dengan orang lain lagi…..

  18. Novi~Atrix says:

    hmm.. gk gitu tertarik dengan status, kl aku cuma pk kata single doank, sisanya gak pernah😀

  19. akhy says:

    malu jomblo kali ya…

    btw, it’s complicated terdengar sepeti sebuah hubungan semacam love triangel mungkin?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s