Chatting Murah via Handphone

Well, saya sedang on fire dengan segala sesuatu yang berhubungan dengan HaPe kali ini.😈

mxit-join-the-evolution.jpg

Sebagai pengguna jasa internet, tentunya kita pasti mengenal apa itu chatting. Ya, chatting (bagi pengguna internet) adalah komunikasi via internet menggunakan sebuah software atau penyedia layanan chat seperti Internet Relay Chat (IRC), Google Talk, Yahoo!Messenger, Windows Live Messenger, dan masih banyak lagi. Tapi tentunya kita harus pergi ke warnet atau punya koneksi internet dari rumah.

Nah, kini kita sudah tidak perlu bersusah-susah pergi ke warnet atau punya memasang koneksi internet di rumah hanya untuk sekedar chatting. Tahun lalu (ya, tahun lalu, Desember 2007πŸ˜› ), saya diberitahu saudara saya bahwa ada layanan chatting via HP. Saat itu, saya yang baru beli HP pun merasa tertarik. Maklumlah, saya orang lulusan Akademi mIRC.πŸ˜†

Tapi ada satu kendala saat itu, handphone saya belum terpasang account GPRS. Untung, ada teman saya yang berbaik hati mau memasangkan saya akun GPRS In***at IM3. Begitu sudah ada koneksi GPRS, maka saya langsung bertanya lagi pada sepupu saya apa nama aplikasinya.

Akhirnya saya tahu, nama aplikasi untuk chatting via HP itu adalah MXit. Tanpa menunggu lama, saya segera mendownload aplikasi itu di sini. Memang lumayan fleksibel. Hanya dengan bermodalkan sebuah HP, kita bisa chatting dengan orang lain dan dengan biaya yang murah. AFAIK, kita tidak akan kena charge selama kita tidak menulis pesan. Kalaupun kita menulis pesan, kita hanya kena charge yang sangat murah. Misal saya pernah tertidur saat sedang chatting (dari jam 21.30 sampai 4.30), pagi harinya saat cek pulsa, ternyata pulsa saya hanya berkurang kurang dari 100 rupiah. Murah sekali, kan?πŸ˜‰

Selain itu, MXit juga menyediakan fasilitas untuk chatting dengan pengguna jasa Google Talk dan MSN hanya dengan memasukkan alamat e-mail mereka. Dengan cara ini, kita bisa chatting tidak hanya dengan pengguna MXit, tapi juga dengan pengguna Google Talk.

Apakah di MXit juga tersedia emoticon? Ada. Saat pertama kali install, MXit menyediakan 33 emoticon dasar. Kalau ingin menambah jumlah emoticon, kita bisa request ke Tradepost. Ada 3 paket emoticon tambahan: Funky Pack (10 emoticon), Super Pack (10 emoticon), dan Wacky Pack (10 emoticon). Tiap pack terdiri dari emoticon yang berbeda-beda dan semua itu bisa kita download secara gratis.

MXit juga menyediakan layanan pengganti skin dan wallpaper. Untuk melakukan download, kita harus punya minimal 200 moola. Apa itu moola? Moola adalah β€œmata uang” dalam dunia MXit. Saya kurang tahu kurs secara pasti dalam rupiah karena tidak disebutkan di sana.

Nah, dengan adanya MXit, kita bisa saling menyapa dan memberi informasi tanpa harus berhadapan dengan monitor PC. Cukup berbekal handphone ber-GPRS, dan kita sudah siap untuk menggunakannya. Dan kita sebagai blogger tentunya butuh berita terbaru sebagai bahan post kita, kan? Siapa tahu dengan chatting diam-diam pada jam-jam tidur kita dapat inspirasi baru…

About Reinhart

Don't wait. The time will never be just right.
This entry was posted in Internasional, Lain-lain, My Interest and tagged , . Bookmark the permalink.

51 Responses to Chatting Murah via Handphone

  1. maxbreaker says:

    Pertamaxxx!!!:mrgreen:
    Hidup Mxit, terobosan baru komunikasi murah!
    tapi boros batre juga c…
    selain itu mxit juga ga da chatroomnya…
    mig33 ga diceritain juga ndu?
    Eh kamu klo OL mxit biasanya jam berapa c?

  2. Rio says:

    Pakai morange juga asik loh

  3. Wah, saya bukan orang yang sering chatting..😐 Lebih suka menjelajah kesana kemari.πŸ˜›

    Kalau teknik browsing lewat HP yang murah ada ngga? Aplikasi khusus yang bisa mengompres jumlah KB yang diterima misalnya?:mrgreen:

  4. @ maxbreaker
    Masalah baterai kembali ke HP masing-masing. Kalau chatroom kan ada fasilitas MultiMX.πŸ˜‰

    Saya? Saya biasanya onlen antara jam 6-8 malem.
    @ Rio
    Pernah denger juga, sih. Cuman dulu belum tahu tempat downloadnya.
    @ Xaliber von Reginhild
    Bisa pakai Opera Mini. Terus masuk ke setting, hilangkan tanda centang di bagian “Load Image”.πŸ™‚

  5. @p4ndu_454kura
    Mas Pandu HP-nya pake Opera Mini?πŸ˜•

  6. deteksi says:

    walah cak pandu. mxit itu kan udah lawas banget… sekarang udah banyak sekali aplikasi untuk chatting via handphone. masuk aja ke getjar.com dan di sana akan selalu update software2 baru untuk handphone berbasis java dan symbian. tapi jujur saja fitur ini sering disalahgunakan. ketika jam pelajaran dan merasa bosan dengan guru, eh malah chatting. tadi siang saya memarahi salah satu anak SMA yang chatting dengan saya karena ternyata dia melakukannya di salam kelas ketika pelajaran berlangsung

  7. Emang lawas, sih. Dan menurut saya lumayan cocok dengan hape jadul yang baru saya beli.:mrgreen:

  8. @p4ndu_454kura
    Sama donk pake Opera Mini!πŸ˜€
    *Tos*

  9. cK says:

    saya lebih suka pake agile.. 8)

  10. kiseki says:

    koq dhp saya ngga bisa?

  11. agung! says:

    kalo saya pake mig33, lebih responsif daripada eBuddy yang juga pernah saya coba.
    ngomong2, aplikasi mobile messenger seperti ini yang bisa menampilkan & menulis status apa ya??? ada yang tau??? (selain YMTiny)

  12. obit0 says:

    downloadnya yg bikin males!

  13. Nicka says:

    Sapa bilg dunlud mxit rumit. Ehm.. Aq gtaw brp hitungan mxit /kirim apa /jam. Hehehe.. Coz g tauna gara2 gag terasa mahalx. Alias myurah bgd..

  14. @ uChIhA_rOb3rT
    *tos*
    @ cK
    Donlotnya dimana?πŸ˜•
    @ kiseki
    Mungkin HaPe-mu nggak support GPRS, atau masih B&W.
    @ agung!
    Kalo di MXit, kita bisa merubah status antara Online, Away, dan Busy. Selain itu ada status sampingan seperti Happy, Sad, Excited, Angry, dll.πŸ™‚
    @ obit0
    Kenapa males? Bukannya cuma sebentar?πŸ˜•
    @ Nicka
    Hitungannya per-KB. Semakin banyak kita nulis pesan, semakin banyak biaya yang kita keluarkan. Tapi, seperti yang Anda bilang, nggak terasa karena sangat murah.πŸ™‚

  15. kiseki says:

    hp sy N***a 6288, tp pz dmskin d dlm hpe ngga bsa dibuka…. gmn dunkz….. kn pngen jg cheting pke hape

  16. gempur says:

    saya pake morange aja.. soale windows mobile.. hehehehehe… sama2 murah meski enakan mxit…

    be de wei.. macanya miksit atau m-sit sih?! maklum dah tua kurang gaul?! sorry, nanyanya di sini, biar gak ketauan anak sma11 kalo saya gak gaul wakakakakakakaka…

  17. @p4ndu_454kura:
    Sudah pakai OpMin, tapi tagihan tetap merangkak naik.πŸ˜› Ada alternatif lain kah?
    *ditendang*

  18. @ kiseki
    Mungkin salah tempat nge-save aplikasinya. Kalo salah lokasi, HP nggak akan memberikan respon yang sesuai. Atau masalah yang paling sering adalah jaringan GPRS-nya macet.πŸ™‚
    @ gempur
    Iya. Saya juga kepikiran mau nyoba, pak. Tapi kebanyakan temen saya pake MXit.

    be de wei.. macanya miksit atau m-sit sih?! maklum dah tua kurang gaul?!

    Em-Sit. Kurang gaul? Ah, masa’?:mrgreen:
    @ Xaliber von Reginhild
    Coba ganti kartu yang tarif GPRS-nya murah. Konon ada kartu GSM baru yang GPRS-nya gratis HANYA sampai Mei.πŸ™‚

  19. Ga bsa tdr!😦
    Sambil nunggu liverpool maen, comment pake hp aja!:mrgreen:
    INI DIBUAT JAM 01.10 dini hari loh!

  20. aRuL says:

    pake ebuddyπŸ˜€
    *sayang HPku ngak bisa gprsan :D*

  21. ecchan says:

    wah.. kalo tu2t pke ebuddy..
    dulu pernah pake mig33.. trus pake.. apa lagi yah?? banyak lah.. sempet masukin mIRC jugak XD~

    berhubung gk ada yang diajak chatting.. yo wis lah.. ndak dunlud mxit.. padahal banyak muridku yang mxit-an XD~

    *alibi karena gk tahu dunlud mxit-na dimana*
    XD~

  22. lha kalok gidu warnet sayah nggak laku lagi dunk…. πŸ˜•

  23. evinderman says:

    dunlud mig33 di wap.mig33.com

    ada 3 versi mig33 situs itu
    1.mig33 lite 3.02 yg bs chat stndr mig aja misal masuk chatrum,grupchat,prvatechat,free sms,free call
    2.mig33 beta 3.02 fiturnya sama kyk lite cm dtambah bs bikin profil yg bs nampilin foto kita dan jg bs liat profil org laen, bs krm trma foto, bs krm trma email
    3. mig33 beta ll 3.05 fiturnya sama kyk beta 3.02 cm dtmbh buzz, lo0kout, emote comand dan smiley2 bru

  24. Cynanthia says:

    Jarang chatting pake hape belakangan…😐

    @Xaliber:
    Emang SIM card-nya pake apa? Telkomsel?πŸ˜›

  25. BLOGIE says:

    Hp gprs dari LG KG200 saya mendukung tidak ya?
    Saya baca dari mxit.com kalo KG200 ndak mendukung?

    Errr…
    😦

  26. BLOGIE says:

    Saya cuma bisa pake mig33 aja..

    Emm… kayaknya ced via hp mulai ngetren ya..πŸ˜‰

  27. @ uChIhA_rOb3rT
    Liat Liverpul atau MotoGP?
    @ aRuL
    Donlotnya dimana?
    @ ecchan
    Pake MXit ajah. Nanti saya add. Link donlodnya udah saya beri tuh di atas.πŸ˜€
    @ Abeeayang™
    Yah, mungkin masih laku buat mereka yang punya HaPe nggak support GPRS. Atau buat ngepost tulisan baru di blog.

    Tapi yang kedua itu kayaknya juga udah bisa lewat HaPe.πŸ™„
    @ sagung
    OK, saya ikut. Ngajak teman boleh, kan?
    @ evinderman
    Terima kasih infonya.πŸ™‚
    @ Cynanthia
    Saya juga.
    Akhir-akhir ini MXit saya sulit dibuka. Entah karena masalah GPRS atau trafik di server MXit sedang penuh.
    @ BLOGIE
    Kayaknya sih nggak bisa. Yang bisa KG220.😦

    Emm… kayaknya ced via hp mulai ngetren ya..πŸ˜‰

    Yah, selain karena lebih fleksibel, juga bisa saling bertukar informasi secara instan.πŸ˜‰

  28. fauzansigma says:

    hapenya kagak bisa dipake buat begituan niiiih

  29. putra says:

    tetep mig33 yg plg the best.. (menurutku loh.. ) :d
    Dulu sih chat lewat hp rame bgt, secara komunikasi murah sih.. bandingin ma sms kan beda jauh bgt tarifnya.
    Tp skrg kayanya mulai sepi apa ya? Maklum lah nelpon dh pd murah jd pd milih telpon-telponan dr pd chating..

  30. @ fauzansigma
    Nggak apa-apa, yang penting kan fungsinya.
    @ putra
    Perang tarif, kan?:mrgreen:

  31. Pingback: Chatting murah Via Handphone « Dimastubagus’s Weblog

  32. erander says:

    Masalah tarif nya gimana?? apa dihitung per jam atau per volume??

  33. grace says:

    saya ga pake apa2…
    *lirik hape*
    hape saya srg rusaknya sih..jd males deh..😦

  34. Agus Sanjaya says:

    wah baru tau nih yang namanya MXit. biasa cuma pake google talk, yahoo atau msn messenger. yang namanya chating dari hape lom pernah gue coba nih. mungkin nanti kalo udah gak sering-sering ke warnet ini bisa jadi satu alternatif untuk chating. btw, salam kenal yah en tukeran link yuk? linknya dah gue add di sini. trims.

  35. saKuRa_zaoLdYecK says:

    Ak pake opera mini juga looh!

    Kl chat seh pknya ebuddy ama sh,

    Dua2nya bgs ko’!

  36. chielicious says:

    saya pake mig33 beta,,murah juga..berhubung saya bawel he3… tapi kayaknya klo idle gitu cuma online biasa tanpa kirim2 pesan gak bayar deh …mmhh…

  37. obit0 says:

    aku uda donlot.. tapi ada aja masalah ma koneksinya.. grrr..😈

  38. Ysfadilah says:

    Halo…ada yg mau chating ma aq gak,coz daftar kontak aq msi kosong nich? Kalo ada kmu bz hubungin aq di ysfadilah@gmail.com

  39. saya kok lebih suka mig33 ya, coba deh ke wap.mig33.com

  40. sagung says:

    Saya juga masi lebih suka ebuddy.

  41. Aku pake 4 macem:
    mig33, mxit, bing, n qeep.

  42. santo says:

    mxit hrs tau no hp user y????????????

    w pke 4 app chattgn, tp msi dlm thp bljr..
    mxit v 5.7
    mig33 beta
    qeep
    wireless irc,,

  43. aze says:

    ……………………..
    ngomong2…ett mxitq di 6185247943319,,,,tp khusus bwat cwe ajja yah…!!!!!!!!!!!!

  44. aguz says:

    agh…………………….q jg di ett dunk d 6185652008025

  45. SEPTIAN BAYU says:

    bagemana cara aktifin cheting lewat hp?

  46. Tiyan force says:

    Mxit.murah bner nih .sumpah loe hoah…!

  47. L'Arc says:

    cara request emoticons mxit gimana kk??,
    q pngn bngd nambah emoticon ne. ,hhe

  48. Boykr says:

    Wah gaya keren pake mxit tapi gua kga ngrtos,gmana cranya y…inviti apa sih?

Leave a Reply

