Lodho Ayam Trenggalek

Ini merupakan resep lodho ayam a la keluarga kami, keluarga Kartodimedjan, Bendo, Trenggalek. Rasanya pedas, tapi selalu bikin kangen, apalagi kalau yang memasak Mbah Tin, menantu Mbah Yut Kartodimedjo, yang konon satu-satunya pewaris keahlian memasak almarhum Mbah Yut Putri.

Bahan:
1 ekor ayam kampung muda, dibelah perut & dadanya, dibersihkan, lalu dipanggang utuh dengan bara api yang tidak terlalu panas. Setelah berwarna kuning dan kesat (airnya habis) diangkat, dipotong-potong.

Bumbu:
8 butir bawang merah
5 siung bawang putih
5 buah cabai merah, dipotong-potong kasar
15 buah cabai rawit
20 butir merica
5 buah kemiri
1 cm kunyit
1 cm kencur
1 cm lengkuas
3 lembar daun salam
5 lembar daun jeruk purut
1 batang serai
200 ml santan kental
800 ml santan cair
garam, gula secukupnya

Cara Memasak:
Bawang merah, bawang putih, cabai merah, cabai rawit, kemiri, kunyit digoreng sampai matang (jangan terlalu kering), lalu dihaluskan bersama-sama kencur, merica, garam dan gula.
Rebus ayam panggang bersama bumbu-bumbu dalam santan encer dengan api kecil. Setelah agak empuk masukkan santan kental, rebus lagi sampai ayam empuk dan kuahnya agak kental.
Dimakan bersama nasi panas dan urap sayur, hmm…. sedaaappp!:mrgreen:
Catatan: kalau tidak suka pedas, cabai rawit diganti dengan 1 sendok teh ketumbar.

About Reinhart

Don't wait. The time will never be just right.
This entry was posted in Lain-lain, Live Journal, My Galleries, My Interest. Bookmark the permalink.

23 Responses to Lodho Ayam Trenggalek

  1. rozenesia says:

    Whooo… Dari Suiko ke resep? o.O

  2. Cuman pingin bagi-bagi resep aja, kok.
    Udah dicatet?:mrgreen:

  3. cK ga login says:

    *nunggu dikirimin lodho ayam trenggalek dari pandu….*

  4. khim says:

    nyatet resep dari blog ga perlu kertas lah

  5. @ cK
    Nggak mau ngirim. Coba aja sendiri.:mrgreen:
    @ khim
    Ah, iya. Tinggal CTRL + S.😛

  6. benbego says:

    Dari trenggalek terus ke pare.. aduh jadi inget someone!

  7. @ benbego
    Hmm… Ada kesan tersendiri rupanya.
    @ almascatie
    *Bagi-bagi lodho*

  8. hoek says:

    emang nda fafa negh? bagi-bagi resef keluarga?
    saia minta dikirimin ajah lha ya? ndak isa masag soale..

  9. saya says:

    laper juga….

    siyal

  10. antobilang says:

    Wah lama gak kemari… *nunggu disuguhi ayam kampus trenggalek*

  11. @ hoek
    Nggak afa-afa…
    Nya~? Dikirim? Apa ga dimakan tukang pos-nya ntar?:mrgreen:
    @ saya + antobilang
    *Sajikan sepiring penuh*

  12. Anang says:

    Ooooooo dari Bendo Trenggalek to… Dik pandu saya Trenggalek kota, Ngantru, Alun2 kebarat 500m… mampir ya kalau pulang hihihi..

  13. jadi ngiler nih mas pandu,kirim lodho ayam ke denpasar dong he..he..he..

  14. widi says:

    tak coba resepe ternyata enak

  15. ANJAR says:

    aku udah buat tapi rasanya kok lain dari kalo aku beli di trenggalek, kenapa ya?

  16. masrukin says:

    Wah jadi kangen nih masakan rumah. Tak cobane sik. Kelamaan di bogor…..makanya pepes mulu.

  17. sasa says:

    Senang sekali, resep ini paling bagus. Sy sudah coba dan rasanya tak jauh beda dh ayam lodho yang di trenggalek. Terimakasih sudah obatin kangen sy🙂

  18. trims mengingat kan masakan nenek di daerah trenggalek….
    trims ya

  19. ochin says:

    oh, ini yang dimaksud😀
    kapan2 boleh dicoba nih resepnya..

  20. dwi widajati says:

    Baru baca ini. Kenarin2 makan tapi gk tahu namanya. Stlh tahu cari resepnya. ​☀†ЂάИk Ỳ☺µ☀ yg udah buat resepnya.

  21. ika says:

    sudah 15 th aku meninggalkan kota kelahiranku trenggalek,sekarang aku tinggal di surabaya,pernah aku berfikir kapan ya aku pulang ketrenggalek menikmati ayam lodho minna yg terkenal di sana,mudah mudahan bln febuari 2011 ini aku akan menikmatinya,maklum bro udah 8 th aku menahan rasa masakan itu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s