Solar Storm? Apa itu?

Hari Kamis kemarin, sepulang dari sekolah saya langsung makan sambil menonton program dokumenter favorit saya di MetroTV. Tidak seperti biasanya, kali ini program tersebut tidak memuat tentang bencana “bumi”. Program kali ini berjudul Perfect Disaster dan menampilkan tentang bencana “galaksi”, yaitu tentang sebuah badai matahari atau yang bahasa kerennya disebut dengan “Solar Storm”.

Menurut sebuah lembaga pendidikan di Montana, AS, Solar Storm adalah gejala terlemparnya proton dan elektron matahari, dan memiliki kecepatan yang setara dengan kecepatan cahaya. Kecepatan itu dihasilkan oleh sinar X yang melepaskan radiasi ke luar angkasa. Selain itu, matahari juga melepaskan jutaan ton kabut plasma yang memiliki medan magnet sendiri. Dengan kecepatan sekitar 1 juta mph atau sekitar 1.852 kmh, maka CME (Coronal Mass Ejection) tadi bisa sampai ke bumi hanya dalam waktu beberapa hari. CME bisa menghantam medan magnet bumi layaknya sebuah palu godam, dan memiliki radius 1.852 kilometer.

Sedangkan menurut Wikipedia, gelombang magnetik tadi disebabkan oleh gelombang kejut matahari (Solar Wind shock wave) dan biasanya menyerang medan magnet bumi sekitar 24 hingga 36 jam setelah terjadi gelombang. Itu merupakan kecepatan yang luar biasa, karena jarak antara matahari dan bumi kurang lebih 150 juta km. Akan tetapi hal ini terjadi hanya jika gelombang tersebut tepat mengarah ke bumi.

Tekanan gelombang kejut pada magnetosfir bumi bisa meningkat maupun menurun tergantung pada aktifitas matahari, dan bisa mengacaukan ionosfer. Gelombang ini biasanya berlangsung sekitar 24 sampai 48 jam, tapi bisa juga berlangsung selama berhari-hari.

Gambar Solar Storm menabrak magnetosfir bumi.

Tanda-tanda yang menunjukkan bahwa ada perubahan cuaca di luar angkasa adalah munculnya aurora di wilayah kutub utara. Hal ini diakibatkan oleh pergesekan proton dan elektron yang menabrak bumi, mengalir cepat pada lintasan medan magnet yang tipis dan bertemu dengan wilayah kutub bumi.

Wisconsin AuroraAurora di Wisconsin, 22 Oktober 2003.

Solar Storm bisa mengakibatkan komunikasi antara bumi dengan satelit menjadi terganggu. Hal ini disebabkan karena gelombang magnetik yang menghantam bumi menghalangi sinyal-sinyal komunikasi. Jika sudah demikian, maka telepon, handphone, maupun alat komunikasi pada kapal, pesawat, hingga GPS (Global Positioning System) tidak bisa berfungsi dengan baik. Selain itu, para astronot yang berada di luar angkasa pada saat itu bisa terpanggang habis dalam hitungan detik jika tidak segera menemukan tempat berlindung yang benar-benar aman dari serangan badai.

Pembangkit listrik juga bisa mengalami kerusakan jika terus dinyalakan pada saat badai berlangsung. Hal ini disebabkan oleh medan magnet bumi yang tidak stabil pada saat badai berlangsung. Dan kalau sudah rusak, maka butuh waktu sekitar 2 tahun untuk membangunnya kembali. Hal ini memaksa masyarakat untuk kembali hidup tanpa listrik hingga pembangkit listrik baru selesai dibangun.

Solar Storm merupakan gejala alam yang wajar dan akan berlangsung secara terus menerus. Matahari masih akan terus menghasilkan puluhan Solar Storm hingga akhir hayatnya. Dan di akhir program tadi, Solar Storm berikutnya diperkirakan akan datang sekitar tahun 2011.

Sumber gambar:
Magnetosfir diambil dari Wikipedia.
Aurora diambil dari situs resmi NASA.

About Reinhart

Don't wait. The time will never be just right.
This entry was posted in My Interest. Bookmark the permalink.

83 Responses to Solar Storm? Apa itu?

  1. Titah says:

    jadi gimana caranya supaya kita aman dari “serangan” solar storm?

  2. p4ndu_Y4m4to says:

    Cara yang bisa dilakukan manusia hanyalah mematikan SEMUA pembangkit listrik sebelum badai menyerang.🙂

  3. Nayz a.k.a Bachtiar says:

    oohh jadi gelap2an dulu ya …*mati lampu*

  4. p4ndu_Y4m4to says:

    Heeh. Lebih baik gelap sementara daripada gelap selamanya kan?
    Kalo ga ada listrik, semua orang akan kebingungan karena listrik sudah jadi kebutuhan sehari-hari manusia.

  5. Kakak, aku masih belum ngerti…
    Maksudnya dunia kiamat bukan? *ngumpet di balik pohon ganja😈 *

  6. p4ndu_Y4m4to says:

    Ehm… Kayaknya bukan. Soalnya keadaan ini sudah berlangsung secara berulang-ulang.
    Kalau kiamat, Bumi ini sudah musnah oleh badai pertama yang sudah berlangsung entah berapa juta tahun lalu.🙂

  7. *keluar dari balik pohon ganja*
    Begitu…
    *menghela napas, lalu kembali pesta narkoba*
    Wakakak…
    *ditangkep polisi*

  8. almascatie says:

    info menarik sekali
    thanks….
    btw yang diatas kok sayah bayangkan pandu jadi bapak guru yah🙂

  9. p4ndu_Y4m4to says:

    @ Mee
    Ga boleh pesta ganja!😈
    *Panggil polisi*
    @ almascatie
    Ah, makasih.😳

  10. p4ndu_Y4m4to says:

    Hati-hati, lho.
    Konon dampak di luar angkasa lebih besar.

  11. M13 mah udah di antah berantah kali…😆

    *sembunyi ke ke neraka dulu*

  12. dnial says:

    Ngungsi ke Limbo dulu…
    *kebanyakan mbaca Artemis Fowl*

    Btw, kalo di luar angkasa enak, bisa mutasi kayak Fantastic Four

    *efek terlalu banyak mbaca dan nonton fiksi*

  13. p4ndu_Y4m4to says:

    @ Kopral Geddoe
    *Buka Wikipedia*
    Eh iya, udah beda galaksi.😛
    @ dnial
    *Membayangkan manusia bermutasi*😕

  14. Artikel punya bapak kakak😛 Pandu ini membuat aku termotivasi pingin nyari informasinya lebih banyak deh😄
    Makasih inponyaaa! Sangat membantu bagi yang malas nonton berita lho!, dan rajinnya hanya berdugem ria dan pesta ganja ^^

  15. oooh…bade matahari itu ya?

    tapi, nggak sampek lewat atmosfir kan, Pandu?

  16. p4ndu_Y4m4to says:

    AFAIK, sejauh ini hanya menghantam magnetosfir bumi. Belum sampe ke bagian dalamnya.

  17. Kipi_chan says:

    Maaaassssss!!!!!!
    Blogku kok nggak bisa dibuka ya?
    Gimana nih?

  18. p4ndu_Y4m4to says:

    Hah? Dari sini bisa dibuka, kok.
    Koneksinya lemot kali.😉

  19. peyek says:

    Solar Storm berikutnya diperkirakan akan datang sekitar tahun 2011

    wah ngeri juga, apalagi recoverynya butuh 2 tahun

  20. p4ndu_Y4m4to says:

    Iya. Makanya saya tertarik buat nulis ini.

  21. aRuL says:

    wah anak ini pinter banget… salut sampe buat tulisan ini..

  22. gambarnya keren:mrgreen:

    *duduk nungguin solar storm*

  23. dwie'q says:

    badai solar ych, ngeri’ bgt, takuuuut,

  24. obit0 says:

    Wow! Salut ma pandu nih!! jangan bengkak ya, kepalanya.. hehe bercanda,, mau hidrosephalus juga boleh.. yang jelas keep up the good work. OK?

  25. @ dwie’q
    *Sembunyi di balik kasur*
    @ obit0
    Ah, enggak kok. Ini juga karena liat tipi.:mrgreen:
    *Kepala meledak*

  26. AmAnDa says:

    Ughhhhh…. seREm deh kLu mPe terjaDi ” SoLaR sToRm “.

  27. zao says:

    mau tanya..
    kalo baru sampe bagian magnetosfir bumi, apakah sinyal” komunikasi di bumi ini udah terpengaruh??

    trus apakah ada akibat yang lebih parah dari itu (misalnya pohon ga bisa tumbuh lagi, hewan tiba” bisa ngomong, manusia ga bisa boker, dsb)?

    trus kapan bumi jadi rawan bgt kena efek badai matahari?

    ~thx b4..
    ~dapet jatah tugas presentasi ttg ginian T_T

  28. AFAIK, kalau sudah menabrak magnetosfir bumi, otomatis semua sinyal komunikasi yang berbasis satelit akan terganggu. Hal ini dikarenakan badai tersebut menutupi sinyal dari bumi yang menuju satelit dan sebaliknya.

    trus apakah ada akibat yang lebih parah dari itu (misalnya pohon ga bisa tumbuh lagi, hewan tiba” bisa ngomong, manusia ga bisa boker, dsb)?

    Weh, hewan bisa ngomong? Kiamat tuh!:mrgreen:
    Terus masalah pohon saya rasa masih bisa tumbuh, karena selama ini hanya berdampak pada alat-alat elektronik.

    trus kapan bumi jadi rawan bgt kena efek badai matahari?

    Yang ini saya kurang tahu. Maaf ya.🙂

  29. Azahari says:

    aku udah liat di tv tapi sya mau nanya kalo solar strom berikutnya(setelah 2011) kapan lagi terjadinya,ada kemungkinan ga kalo solar strom tidak dapat membangkitkan listrik di bumi lebih dari 2 tahun,adakah cara mencegahnya?,tolong dijawab secepatnya karena saya butuh infoemasinya lebih jauh!!!

  30. Hmm… Sejauh ini saya hanya mengetahui bahwa yang berikutnya terjadi tahun 2011. Kapan terjadi lagi saya kurang tahu.
    Sebenarnya cara mencegah mati listrik selama dua tahun bisa dicegah dengan mematikan semua pembangkit listrik selama badai berlangsung.🙂

  31. sayyid says:

    di tv kan ada cuplikan film nya kok ngga’ dicerita’in juga

  32. Soaolnya saya lihat pas ditengah-tengah. Jadi ga tau itu tahun berapa.😛

  33. iraf says:

    ihhhh atut coba kalo gak d antisipasi bisa2 kiamat dunia untung bynak orang2 genius.
    MAKA NYA MULAI HARI INI QTA TAUBAT DEH.
    CZ KIAMAT SUDAH DEKAT

  34. a Lee says:

    sungguh mengerikan solar storm
    diperkirakan akan terjadi di tahun 2011
    wahhh ternyata kebagian juga
    tapi apakah di Indonsia akan kena ?

  35. Kemungkinan bisa kena.

  36. arief says:

    sekedar nambahin ni mas pandu,
    solar storm yg terjadi nanti bakal membuat kulit kita mengalami
    kerentanan terhadap sinar matahari.
    juga medan 60 derajat longitudinal sinar spiral yang dipancarkan matahari itu adalah pancaran ke arah bumi.
    thanks de atas atensinya

  37. harnats says:

    apakah semua bagian bumi akan menerima dampak solar storm itu, bung?

  38. marcello says:

    solar storm harus segera dipersiapkan oleh negara b kembang kayak indonesia, kalo kagak wah gw ga bisa bayangin dah tuh kalo listrik mati ampe taonan! entar kayak jaman dulu lagi, gelap gulita.

  39. @ arief
    *Catet*
    Terima kasih atas infonya.🙂
    @ harnats
    Yep.
    @ marcello
    Setuju.:mrgreen:

  40. PoTaNia says:

    @ Titah
    ” jadi gimana caranya supaya kita aman dari “serangan” solar storm? ”

    Mulai sekarang kita harus rajin2 ngumpulin ato beli lilin kali ya….:-)

  41. dafit says:

    please save oursoul from solar storm

  42. denger-denger, mau ada solar storm lagi ya taun 2011/2012…?

    Namanya kalo gak salah “Solar Cycle 24”

  43. Yep. Diatas kan udah saya sebut.

    Dan di akhir program tadi, Solar Storm berikutnya diperkirakan akan datang sekitar tahun 2011.

    BTW, makasih infonya.🙂

  44. kalo ga salah, d metro tv tuh ditampilkan bahwa solar storm juga bakal menghancurkan kutub. es mencair, banjir besar, dan kota pertama yang akan dihabisi adalah London. bener ga ya?lupa2 inget.dan kalau blackout 2 tahun benar2 terjadi, maka itu akan jadi hantaman yg sangat hebat bagi manusia.
    padamnya listrik dan smua sinyal komunikasi berarti matinya sirkulasi kehidupan. hancurnya kota2 pusat dunia macam London, newyork, berlin yang ga luput dari badai otomatis membuat smua hubungan internasional terhenti. kota2 besar itu boro2 bisa “menolong” kita yang indonesia, mereka sendiri aja megap2 untuk bisa bertahan. emang serem banget deh bayangan badai ntu!

    btw, klo salah bilang2 ya, maklum hny mengandalkan ingetan…hohoh

  45. K3n5h! says:

    ada kaitannya nggak dengan kalender suku inca yang meramalkan kehidupan akan di’reset’ kembali tanggal 12 desember 2012 (121212)

    @tobil peyok tek blung
    jadi inget film FLOOD cerita tentang klelepnya london

  46. adul says:

    yah.. mungkin bumi udah mw diganti peradabannya
    itulah bentuk Tuhan mengembalikan alam yang telah rusak ini
    tapi takut juga sih..
    listik ngk ada, gimana mw mompa bensin di SPBU
    yuk kembali ngonthel.hehe…
    jaman batu dong

  47. fantasyforever says:

    WWahhh.. Bagaimana nasib kita..

  48. porlamo says:

    kata nya bisa parah begitu….
    kalow tahun lalu pernah gak begitu kk…
    kalow pernah gimana terjadi nya tuh saya heran…
    kalow parah begitu pasti jadi legenda tuh…
    kalow belom pernah apa itu yang nama nya kiamat ya???

  49. Sudah baca tulisannya sampai selesai belum? Disini saya juga menulis kapan Solar Storm pernah terjadi.🙂

  50. akbarindonesia says:

    detail banget…
    keren…
    tapi lucunya ada yang menyangkut pautkannya sama kalender maya yang berakhir pada tahun 2012, yang konon tahun itu juga dianggap sebagai akhir peradaban manusia sekarang.

  51. fantasyforever says:

    Hmm, tapi keren juga ya kalo sampe terjadi. Hehe.

  52. Meriru says:

    Tahun 2011 ya.. Tinggal beberapa tahun lagi tuh.. Bakal kayak gimana ya?

  53. zhigo says:

    kalow memang pernah terjadi tahun lalu…
    kapan itu terjadi nya….
    dan apa manusia sudah ada??
    dab juga apa dampak akibat kejadian tersebut??
    tolong jawab

  54. zhigo says:

    apa yang terjadi ketika solar storm pada masa lalu??

  55. porlamo says:

    mana??
    kapan pernah terjadi solar storm??

  56. nirwan says:

    solar strom itu peristiwa yang terjadi secara periodik / siklus tiap perioda. Contoh solar strom dengan skala kecil di sebut dengan solar wind. Hal itu yang mengakibatkan adanya Aurora di daerah kutub.
    Sebagai informasi: di kanada beberapa tahun yang lalu pernah terkena dampak dari solar wind, yang mengkibatkan listrik mati dikota itu selama beberapa minggu! tapi hal itu terjadi di daerah yang dekat dengan daerah kutub magnet bumi. jadi di negara lain tidak mengalami kerusakan.
    bisa kita bayangkan apabila dengan skala yang maha besar!! yang disebut dengan solar strom? didaerah yang paling jauh dari kutub aja kena, contohnya negara kita.

    Jadi peristiwa tersebut akan terjadi. yah seperti gerhana bulan, gerhana matahari itu terjadi secara periodik. cuman kalo solar strom terjadinya mungkin dalam siklus ribuan tahun (saya belum tau jelas ). jadi apabila sudah terjadi pada jaman dulu, kan belum ada listrik, apalagi HP dll, so ga ngaruh!

    GIMANA KALO GAK ADA LISTRIK, SSTEM NAVIGASI & INFORMASI ??:
    Ini akan sangat mengerikan..!!! bagi orang yang sangat bergantung pada listrik. jangan gak ada listrik, ga ada sistem informasi aja dampaknya akan sangat mengerikan bila terjadi sangat mendadak tanpa ada persiapan.

    ga ada informasi gak ada TV, Radio, telepon , internet dll

    sekarang gimana kita bisa berkoordinasi bila tidak ada informasi?
    ekonomi, keamanan, dll ; contoh pada keamanan–>
    apa bila ada kejahatan gimana kita bisa hubungi polisi, apabila ada huruhara gimana polisi bisa berkoordinasi!

    contoh pada ekonomi–>
    ya sudah jelas uang tidak berarti..! perbankan bingung ya.. ATM msisalnya harus ada informasi; tau dari mana orang itu punya uang di bank bila gak ada informasi ATM kan pake sistem informasi Internet!

    kalo yang lain contohnya:
    ga ada informasi gak ada TV, Radio, telepon , internet dll otomatis artis-artis ngangur (gak bsa liat gosip), dan yang paling bahaya adalah dibidang kesehatan coba pikirkan!!

    SEKARANG KALO GAK ADA LISTRIK :

    YAH SUDAH HANCUR LAH KITA…!!

    gak ada transportasi, untuk dapet makan darimana? dapetin obat2an darimana, dan kebutuhan pokok lainnya dari mana! pabrik obat berhenti..! dan kayak nya wabah penyaikit dimana2 ( kolera, dan wabah lainya).

    Uang sudah pasti tidak berguna, berarti kejahatan merajalela untuk perut masing2. terus lagi tidak ada informasi .. mampus deh lho pada……. gua juga!!

    perubahan mendadak dikit aja bisa terjadi huru-hara contoh pada perubahan politik, reformasi di indonesia . apa lagi perubahan yang besar seperti ini!!??

    Nirwan, mahasiswa fisika biasa!

  57. Atari Raina says:

    Untung Indonesia terbiasa mati lampu, PLN-na kedap-kedip tiap bulan, he…he…he…

  58. Hendra Wiratama says:

    Ada ga pengaruh terhadap panas yang berlebihan yang akan menghatam bumi????
    Kan matahari terdiri dari helium dan hidrogen dalam jumlah yang sangat besar………

    Yang ledakannya akan sampai ke planet mars…

    Adakah efek panas yang belebih yang dapat mengancam keberadaan kita selama beberapa hari?????

    Kalo ya,, adakah efek lanjut selain gangguan medan listrik

  59. @ Hendra Wiratama

    Ada ga pengaruh terhadap panas yang berlebihan yang akan menghatam bumi????
    Kan matahari terdiri dari helium dan hidrogen dalam jumlah yang sangat besar………

    Setahu saya, Solar Storm hanya memancarkan proton dan elektronnya saja. Bukan zat-zat penyusunnya. Jadi tidak ada dampak terhadap peningkatan suhu secara drastis.

    Adakah efek panas yang belebih yang dapat mengancam keberadaan kita selama beberapa hari?????

    Hingga saat ini belum ada bukti yang menunjukkan hal itu. Jadi tenang saja.

    Kalo ya,, adakah efek lanjut selain gangguan medan listrik

    Sedikit koreksi, bukan medan listrik, tapi medan magnet. Karena proton dan elektron matahari bersinggungan dengan wilayah kutub bumi.

    Efek lainnya mungkin hanya gangguan dan kerusakan beberapa peralatan elektronik. Namun selain itu belum ada bukti nyata.

  60. ShiningSky says:

    punahnya dinosaurus,bopak2nya planet mars ama bulan jangan karna dulu ada yang lebih parah dari solar strom ampe meteor2 terlempar

    yang gw takutin solar strom 2012 lebih parah dari yg diperkirakan ilmuwan2,,,,,,maaf gara2 keseringan nonton film fiksi ilmiah

  61. bubun says:

    segeraaa tobattt!!!!!!!!!!!
    kiamat sudah dekat

  62. Agus Rahmat says:

    badai matahari tingal menghitung hari, jadi yang belum kawin cepet2 kawin n’tar keburu mati gak dapet ngerasain hehehe…

  63. eNgga says:

    senang sekali ada solar strom mudahan di percepat biar orang2 di bumi ini bertambah sombong sekalian aja armagadon kita tetap bersukur atas dosa kita perbuat semua manusia di bumi ini kotor ;;;;; sekarang komen saya di agap gila tapi next pasti jadi patokan hidup,

  64. eNgga says:

    kekotoran di dunia memang patut di musnahkan dengan solar strom syukuri lah kamu2 yang selalu sembahyang di tempat suci padahal ngak tau apa2 termasuk pemuka agama di dunia musnah kanlah semua biar tau rasa…………………..

  65. @ eNgga
    Anda juga ikut musnah, lho. Mau?

  66. SanpainT says:

    Jika solar strom yang sangat dahsyat terjadi dan menimpa bumi, apakah semua kehidupan di bumi akan berakhir?????

  67. SanpainT says:

    mungkin TUHAN telah bosan melihat prilaku manusia saat ini, jadi beliau ingin memusnahkan seluruh manusia secara bersaman melalui solar storm ini

  68. Satu yang jadi pertanyaan saya: Kalau itu memang kehendak Tuhan, seperti kata Anda, kenapa bisa bocor ke manusia? Katanya masalah kiamat itu hanya Tuhan yang tahu?

  69. dhe says:

    SanpainT Agustus 28, 2009 pukul 6:42 pm

    “mungkin TUHAN telah bosan melihat prilaku manusia saat ini, jadi beliau ingin memusnahkan seluruh manusia secara bersaman melalui solar storm ini”

    @SanpainT : “BOSAN” adalah sifat yang ada pada makhluk2 ciptaan-Nya (dalam hal ini khususnya manusia). Dan itu tidak mungkin ada pada Tuhan (dalam hal ini adalah Allah, karena saya muslim)`. Jadi tolong hati2 kalo berargumen! Bisa2 itu perbuatan syirik.

    Terima kasih

  70. Fierman says:

    Intix ibadah, ibadah dan ibadah karna bekal itulah yg akan menolong kt d’akhirat nanti

  71. ferdi says:

    itulah yang saya tunggu2 selama ini! dengan rusaknya semua alat listrik, kita bisa buat semua pembangkit baru! mulai mengembangkan solar panel,turbin bawah air,kincir angin,fusi nuklir(tapi ini mungkin masih susah). dan utamakan BELAJAR,curi2 informasi

  72. dodo says:

    dan itulah kenapa agama mengajarkan carilah ilmu hingga ke negeri cina (cari ilmu sebanyak mungkin)…

    btw, ada kemungkinan gak ya gaya magnet bumi ikut terpengarhu sehingga kestabilan kutub dan orbit bumi bergeser atau berpindah? setahu saya, bumi sendiri memliki gaya yang cukup besar. jika dua gaya yang sangat besar bersentuhan, akan memunculkan gaya lain yang gak kalah besar pula….

  73. dodo says:

    anyway, badai matahari sepertinya juga membawa panas. contoh ketika badai matahari terjadi 2003 lalu, sekitar pertengah tahun. yang termasuk dalam siklus summer. tercatat 35.000 orang tewas di eropa karena hawa panas…

  74. dodol says:

    mungkin nanti senjata2 terinduksi medan magnet jadi pada macet trus mujahidin berperang kembali menggunakan pedang dan tombak dan runtuhlah kesombongan AS dan antek2nya(sori menghayal tinggi terlalu sering baca armagedon)…yg jelas kalo listrik mati dirumah saya gak bisa naekin air soalnya pompa tangan udah gak ada waduh alamat gak mandi n gak bisa ciuci baju

  75. nirwan says:

    2011/2012 kalo kiamat kayaknya belom tuh…, tapi klo CHAOS mungkin !! , jadi thn 2012 makan bakso tanpa chaos gak enak!! tergantung salero.

    Siap2 dari kmungkinan terburuk itu lebih baik, tp jangan parno! karena itu mah tukang baso!

    Nirwan, bukan mahasiswa fisika!!

  76. dwi purbo says:

    ok nih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s