Plus Minus Blogging, Pengalaman Selama 2 Bulan Pertama

Setelah menjalani profesi sebagai blogger pemula selama 2 bulan (meskipun hingga tahap ini masih tetap pemula), ada beberapa pelajaran yang dapat kuambil. Tentu saja hal ini berkaitan dengan semua aspek yang terdapat di dalam pengembangan blog ini termasuk sekolah, pergaulan, dan pengetahuan.

Sebelum memiliki blog, aku berpikir bahwa blog itu hanyalah sekedar tempat membosankan untuk mencurakan segala isi hati dan uneg-uneg yang tak bisa diungkapkan di dunia nyata. Ibu pun sangat sering bahkan hampir memaksaku untuk segera membuat blog. Usaha-usaha yang beliau lakukan tersebut sering sekali membentur dinding tebal yang kubangun dengan landasan bahwa blogging itu membosankan.
*dihajar pake spell Thunder Storm*

Akan tetapi setelah ibu mengajakku secara langsung mengunjungi website WordPress, aku pun sedikit demi sedikit mulai tertarik untuk blogging. Pertama kalinya, aku belajar dari ibu tentang apa itu posting, bagaimana membuat post, memodifikasi sidebar, dan lainnya. Kemudian lahirlah beberapa posting perdanaku. Setelah itu, akupun belajar dari teman-teman sesama blogger yang kukenal lewat blogwalking. Melalui mereka, aku belajar tentang apa itu banner, siapa yang disebut blogroll, dan bagaimana cara membuat text area (thanks to Mr.Geddoe). Selain itu aku pun mulai tertarik belajar untuk Adobe Photoshop (thanks to Shan-in dan Sora). Maklumlah, sebelumnya aku sama sekali belum menyentuh apa yang namanya Toko Foto Adobe™.

Di sana pula aku bertemu dengan teman-teman yang juga berasal dari forum Suikoden Indonesia (Calupict, Geddoe, McDuck, dan Shan-in), sesama penggemar Shaman King dan Chelsea (gracehime), fans Final Fantasy (Sora-kun, Pak Fertob ), maupun blogger senior lain dimana aku berharap bisa mendapatkan ilmunya (Mas anto, KK Rizma, Pak Peyek, Ibu Evy, dan masih banyak lagi).

Melalui blogging pula aku mengetahui bahwa ada yang disebut Wikipediholic, cara men-download SELURUH internet, serta meraih prestasi di BlogFest 2007.

Akan tetapi, dibalik semua keuntungan blogging tersebut pasti ada kerugiannya juga, kan? Salah satunya adalah waktuku untuk belajar pelajaran sekolah berkurang. Untuk mengantisipasi hal tersebut, aku sudah menyiapkan waktu khusus untuk blogging. Yaitu jam 9.30 untuk blogging saat istirahat sekolah dan sore hari untuk blogging di rumah.

Sekian beberapa penjabaran dari pengalaman yang dapat kuambil. Sisanya tidak dapat disebutkan di sini karena terlalu banyak, sehingga anda semua bisa mati karena kelelahan membaca tulisan ini dan tidak memiliki True Water Rune.

About Reinhart

Don't wait. The time will never be just right.
This entry was posted in Lain-lain, My Thoughts. Bookmark the permalink.

17 Responses to Plus Minus Blogging, Pengalaman Selama 2 Bulan Pertama

  1. Rizma Adlia says:

    waduh,, Kok Ma jadi blogger senior,, Ma lebih muda dari Pandu,, blom dua bulan kok,,

    berjuang ya Pandu,, kalo ada lomba lagi pasti menang!!😛

  2. sora9n says:

    Toko Foto Adobe…😆

    Btw, dua bulanan? Selamat, selamat… kapan makan-makannya?:mrgreen:

    -padahal sendirinya bentar lagi setaunan di blogosphere😛 –

  3. Dani Iswara says:

    banyak jalan utk belajar dan ‘mencuri ilmu’ dari blog dan internet😀
    blogwalking ini jg salah satu cara saya sbg pemula blog utk belajar dari empunya blog ini..😀

  4. antobilang says:

    selamat…selamat….2 bulan aja udah 12000 klik…setahun berapa ya??

  5. fertobhades says:

    PROTES…!!!

    Eh, yang fans Final Fantasy bukan cuman Sora doang, ane juga penggemar berat FF. Ane juga penggemar Suikoden (I-V) tapi nggak masuk forum mana-mana.🙂

    Protes selesai🙂

    Menurutku Soul Eater itu Rune yang paling hebat lho…🙂

  6. @ KK Rizma
    Itu berdasarkan tingkatan umur.

    berjuang ya Pandu,, kalo ada lomba lagi pasti menang!!😛

    Semoga blog ini boleh ikut lomba serupa nantinya🙂
    @ sora9
    Makan-makannya kalo udah punya Food Rune
    @ Dani Iswara
    Loh, bukannya saya yang harus belajar dari bapak? Kan bapak lebih senior daripada saya…😉
    @ antobilang
    Semoga saja bisa terus berkembang
    @ fertobhades
    Waduh! Iya juga…😛
    Baiklah akan saya edit

    Menurutku Soul Eater itu Rune yang paling hebat lho…🙂

    Kalo sampai sekarang sih saya masih suka ama Bright Shield Rune

  7. Master Li says:

    Selamat… Selamat…!

    Di sana pula aku bertemu dengan teman-teman yang juga berasal dari forum Suikoden Indonesia (Calupict, Geddoe, McDuck, dan Shan-in

    Ahem… Shan-in jarang ke SuikoIndo akhir-akhir ini..
    *dihajar Boss Li–bukan saya, tapi admin SI*

  8. 9racehime says:

    wahh…nama saya di sebut juga…!
    senangnya….!!!! *berseri2*
    masa sih pandu-kun br 2 bulan ng blog?? tapi udh pro loh kalo d mata saya…mana udh menang lomba segala..*pengen juga gt* ;p
    saya juga mau berusaha lebih lagi ah! ayo berjuang!
    *full spirit=mode on*

  9. Roffi says:

    hebat 2 bulan aja uda hampir 13000 pengunjung. Calon seleb blog nih, hehehe.

  10. rivafauziah says:

    Hmm… iya benar, blogging banyak menyita waktu… tapi mengasikan..!!!! saya juga baru mengenal blog dari adik saya yang memang gemar BLOG Ria.

    Awalnya saya sih tidak setuju dengan Blog… apaan sih BLOG.. tapi setelah saya mengenal Blog, asik juga…
    Minimal dengan ada blog kita dapat menyimpan alamat2 web yang penting sesuai dengan kebutuhan kita…

    Salam BLOG PRESS

  11. arul says:

    Semangat men….

  12. peyek says:

    belajar dari ibu? wah jadi ngiri, ada dukungan penuh!
    nggak bakalan kehabisan benwit nih! heheheh

  13. cK says:

    hooo…keren-keren!

  14. @ Master Li

    *dihajar Boss Li–bukan saya, tapi admin SI*

    Lah, ada lagi yang pake nama Li
    @ 9racehime
    Saya memang tidak memenangkan lomba itu kok…🙂
    @ Roffi
    Mudah-mudahan aja jadi seleb betulan:mrgreen:
    @ rivafauziah
    Setuju
    @ arul😀
    @ peyek
    Tapi ada batasannya juga kok, pak…
    @ cK😀

  15. Master Li says:

    Nggak… Sama-sama marga Li. Namanya Amelia Li.😀
    *dihajar Boss Li*

  16. muftisip says:

    Hebat-hebat. 2 bulan udah belajar banyak dari blogging. Aku dah hampir setahun ngeblog sama aja, ngga banyak belajar sesuatu😀

  17. Pingback: Ahem, sudah 2 bulan, ya? « Tjoretan Master Li

Leave a Reply

