Temuan Peta yang Merubah Sejarah

Selama ini, kita semua berpendapat bahwa orang pertama yang sampai ke Benua Australia adalah James Cook, seorang pelaut berkebangsaan Inggris. Beliau mendarat di Botani Bay yang saat ini bernama Sydney Harbour pada tahun 1770. Akan tetapi di Perpustakaan Los Angeles, Amerika Serikat, ditemukan sebuah potongan peta kuno abad ke-16. Potongan peta itu mengubah persepsi orang tentang penemu Australia.

Menurut peta itu, orang pertama yang sampai di Australia adalah (lagi-lagi) pelaut asal Portugal, Christopher de Mendonca. Sama seperti James Cook, Mendonca juga mendarat di Botani Bay. Namun perbedaannya adalah Mendonca sampai tahun 1522, atau 178 tahun lebih dulu daripada James Cook.

Kalau menurutku sih, “penemu” pertama Australia adalah kakeknya kakek buyut kakek dari orang Aborigin. Ga tahu kalo orang Aborigin itu pendatang juga😛

About Reinhart

Don't wait. The time will never be just right.
This entry was posted in Internasional. Bookmark the permalink.

One Response to Temuan Peta yang Merubah Sejarah

  1. Titah says:

    Istilah “orang pertama” atau “penemu pertama” sebuah benua, sebuah negara, atau sebuah pulau, menurutku cuman arogansi orang Eropa, seolah begitu hebatnya mereka bisa menemukan sesuatu. Seolah ada kesan, “Andai tak kutemukan, (Amerika dan) Australia itu nggak bisa seperti sekarang. Nggak jadi apa-apa. Bukan apa-apa.” Mungkin lebih fair kalau mereka disebut “pendatang pertama” ‘kali yaaa….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s